Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Menulis yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Manfaat menulis
Ilustrasi (istockphoto)


Dikarenakan manusia adalah makhluk sosial, kita perlu berkomunikasi satu sama lain setiap hari.

Meskipun sebagian besar interaksi itu dilakukan secara lisan atau non verbal, banyak juga komunikasi yang menuntut kita untuk menulis. Contoh paling jelas saat ini adalah posting atau bertukar pesan di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr. Ini juga termasuk pesan teks yang kita kirim masing-masing menggunakan ponsel pintar, atau melalui platform media sosial lainnya seperti Skype, Viber, dan WhatsApp.

Email pun masih memiliki tempatnya dan beberapa cara berkirim email, bahkan masih menyimpan seni yang hilang dari menulis surat. Hal ini tentu menunjukkan dimana kita dituntut untuk menulis, tetapi bagaimana dengan manfaat menulis untuk meningkatkan kualitas hidup. Apa sih pentingnya menulis? Bagaimana kita bisa memanfaatkannya?

Berikut ini adalah tujuh  alasan mengapa keterampilan menulis yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup kamu, dan menjadikan kamu individu yang berpengetahuan luas dan lebih bahagia tentunya.

7 Manfaat Menulis

1. Menjernihkan pikiran

Kita semua terkadang merasa perlu untuk melampiaskan dan mengutarakan pikiran kita untuk menyampaikan maksud kita. Nah, menulis bisa membantu kamu melakukan itu.

Cobalah dan tuliskan semua pikiran, keluhan, keraguan, fantasi kamu, dan apapun hal lain yang terlintas dalam pikiran kamu. Tulis saja, tanpa memikirkan apa yang mendarat di kertas atau layar komputermu. Mungkin hasil akhirnya adalah tulisan yang sangat kacau, tapi bukan itu intinya.

Intinya adalah kamu menjernihkan pikiran, sehingga kamu dapat menjalani hari kamu dengan lebih baik, seperti bekerja, memecahkan masalah, dan juga menikmati hidup. Tanpa semua pemikiran yang ada di dalam kepala kamu yang mengganggu, kamu akan merasa lebih mudah untuk bekerja dan fokus, apapun itu kegiatan dan profesi kamu.

2. Merawat ingatan

Kamu mungkin akan terkejut melihat betapa menulis mampu mengembalikan kenangan lama yang hampir terlupakan.

Mulailah menuliskan hal-hal yang kamu ingat. Sebelum kamu menyadarinya, kata atau frasa tertentu yang kamu tulis di atas kertas akan memicu ingatan lain, yang tidak akan pernah terpikirkan sebelumnya. Beberapa dari kenangan itu mungkin tidak akan menyenangkan, tetapi kamu akan dapat melihatnya dari kejauhan dan menempatkannya dalam perspektif yang berbeda, dan merenungkan seberapa banyak yang telah kamu pelajari dari pengalaman itu.

Di sisi lain, kenangan indah akan membuat kamu tersenyum, dan kamu akan mengingat peristiwa bersama orang yang kamu sayangi, dan hal itu mendorong kamu untuk berhubungan lagi dengan mereka.

3. Menimbun ide

Hal ini merupakan aturan praktis yang baik untuk selalu menuliskan ide-ide yang muncul, entah dari manapun karena kamu cenderung tidak akan melupakannya dengan cara menuliskannya.

Kamu dapat mencoba dan menyimpannya di dalam kepala kamu, tetapi mengingat kita yang hidup di era digital, kita memproses informasi dalam jumlah yang sangat banyak. Kita pasti akan melupakan sebagian besar darinya, dan itu termasuk beberapa gagasan hebat dan berharga tentunya.

Namun, ketika kamu menuliskannya, kamu tidak hanya akan menyelamatkannya dari dilupakan, tetapi juga akan lebih mudah bagi kamu untuk mengembangkannya dan menghubungkannya satu sama lain. Kamu bahkan dapat menemukan yang baru melalui proses brainstorming.

4. Menempatkan peristiwa ke dalam perspektif

Salah satu contoh paling mendasar dari ini adalah membuat jurnal, tetapi itu bukan satu-satunya cara untuk meletakkan segala sesuatu ke dalam perspektif.

Menulis fiksi juga akan membantu kamu menganalisis berbagai hal dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Kamu akan dapat menarik kesejajaran antara peristiwa dan situasi fiksi itu, dan yang terjadi secara nyata dalam hidup kamu. Ini akan membantu kamu melihatnya secara lebih obyektif lho.

Cara efektif lain untuk melakukan ini adalah dengan memulai menulis di blog. Ini akan membuat kamu berpikir panjang dan keras sebelum kamu menulis apapun, karena tulisan kamu akan dibaca oleh audiens.

5. Meningkatkan keterampilan verbal dan menulis

Saat kamu mulai menulis sesuatu, kamu menjadi lebih berhati-hati dalam memilih kata yang tepat. Artinya, tulisan kamu akan lebih fasih, ringkas, dan elegan daripada penyampaian kamu yang sebenarnya.

Dan jika kamu terus melakukannya dalam jangka panjang, banyak kata, frasa, dan kalimat yang disatukan dengan indah itu akan mulai menemukan jalannya ke dalam bahasa kamu sendiri. Keterampilan komunikasi verbal kamu tentunya lebih terasah, karena kamu akan mulai menggunakan kosakata yang lebih luas, yang akan meninggalkan kesan yang lebih baik tentang kamu pada lawan bicara. Baik kehidupan pribadi dan profesional, kamu akan mendapatkan keuntungan dari ini.

6. Tingkat kepuasaan dalam mencapai sesuatu lebih tinggi

Kamu tahu rasa pencapaian yang menyenangkan setelah membangun atau memperbaiki sesuatu, atau memenangkan permainan sederhana?

Kamu juga akan mendapatkan perasaan itu setelah kamu selesai menulis cerita pendek, posting blog harian, atau entri jurnal terbaru. Mereka yang lebih ambisius dapat menulis novel, atau buku, bahkan lebih memuaskan dan membawa rasa pencapaian yang lebih besar. Tapi, untuk saat ini, tetap gunakan target yang lebih sederhana dulu. Siapa tahu, kamu bahkan mungkin bisa menerbitkan beberapa karya kamu nanti, atau mendapatkan uang sampingan berkat keterampilan menulis yang kamu punya.

7. Melatih mental

Menjaga bentuk tubuh tidak hanya berlaku untuk melatih tubuh kamu secara teratur. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama untuk pikiran kamu. Menulis bermanfaat untuk mengaktifkan sejumlah proses kognitif yang berbeda, dan melepaskan kreativitas yang ada pada dirimu.

Semua ini akan membuat otak kamu tetap tajam dan aktif, dan bahkan dapat bertindak sebagai tindakan pencegahan terhadap beberapa penyakit mental, seperti Alzheimer atau demensia.

Seperti yang kamu lihat, ada banyak cara dimana kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menulis secara teratur, bahkan jika kamu bukan seorang penulis profesional. Semua manfaat ini akan menuntun kamu menjadi orang yang lebih berprestasi, fasih, dan puas.

Keterampilan menulis yang hebat juga akan membantu kamu  menjadi orang yang lebih lengkap. Kamu akan dapat meningkatkan kehidupan sosial, dan menjadi profesional yang lebih baik lagi.

Jadi mulailah menulis hari ini dan dapatkan manfaatnya.

Masing-masing pasti dapat mengambil sesuatu dari mengembangkan dan mengasah keterampilan menulis, bahkan jika itu hanya praktik sederhana dalam membuat diary. Baca selengkapnya di www.sukakabar.com.

1 comment for "7 Manfaat Menulis yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Hidup"

  1. Semangat Neng. Jangan lupa kunjungan balik ke artikelartikelterbaru.blogspot.com

    ReplyDelete