Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Media Online yang Membayar Tulisan Penulis

 Rekomendasi Media Online yang Membayar Tulisan Penulis

Media online yang membayar mahal tulisan penulis atau
Ilustrasi menulis (Foto: istockphoto)

Menulis adalah kegiatan menuangkan ide atau berbagi informasi maupun pengalaman pribadi, melalui aksara atau huruf  yang terangkai dalam bentuk tulisan yang utuh. Baik itu tulisan artikel, makalah, karya sastra, opini dan lain sebagainya.

Siapa saja bisa menjadi penulis, tidak peduli apakah ia lulusan sastra, jurnalistik maupun jurusan penunjang lainnya untuk menjadi penulis. Terlebih di era ini, penulis sudah menjadi suatu kebutuhan bagi banyak pihak, entah itu sebagai konten kreator website, copywriting produk, jurnalis media, editor dan masih banyak lagi. Jadi berbanggalah kamu yang punya hobi menulis ini.

Baca Juga: 10 Langkah Mudah Menjadi Penulis Untuk Pemula

Untuk semua itu kamu tidak mesti menjadi penulis tetap di sebuah perusahaan atau yang lainnya, kamu bisa menjadi penulis freelance untuk menghasilkan uang. Saat ini, sudah banyak media onlline yang menghargai karya berbentuk tulisan. Jika kamu tertarik mengirim tulisanmu ke media online, simak daftar media online yang membayar tulisan penulis berikut ini.

Media Online yang Membayar Tulisan Penulis

1. IDN Times

Di IDN ada banyak topik artikel yang bisa menjadi pilihan kamu untuk memilih kira-kira topik apa yang cocok dengan tulisanmu. Biasanya di situs milenial yang satu ini menayangkan artikel-artikel simple yang disertai gambar dan enak dibaca. Jika kamu tertarik menulis di situs IDN Times kamu bisa mendaftarkan diri di IDN Times Community.

Setiap artikel kamu yang berhasil tayang di situs IDN Times, kamu akan dibayar berdasarkan dari hasil konversi poinmu. Nah, poin yang kamu dapatkan bisa ditukarkan atau reedem dengan uang tunai. Semakin banyak artikel yang diterbitkan, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan lebih banyak poin.

2. Brisik.id

Media online yang membayar tulisan selanjutnya ialah brisik.id. Melansir dari laman brisik.id sendiri, menulis di situs ini bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Untuk bergabung jadi kontributor Brisik.id kita bisa langsung askses panel kontibutor, daftar dan kirimkan hasil tulisanmu. Media ini biasanya menerima tulisan keistimewaan daerah, bisa wisata atau budayanya nih. setiap tulisan akan melalui proses moderasi oleh editor.

3. Rancah.com

Di rancah.com kita bisa mengirim tulisan apapun, asal tidak plagiat. Dengan langsung membuat akun di situs rancah.com dan mengirim tulisan kamu sudah bisa menghasilkan uang dari rumah. Menurut pengalam pribadi, menerbitkan di media bertagline “The netizen talk” ini tidaklah sulit, buat tulisan yang dilengkapi gambar agar segera dipublikasikan.

Baca Juga: Tips Menjadi Seorang Penulis Freelance dan Manfaatnya Bagi Anda

Tulisanmu akan dibayar Rp. 5 per view, lumayan kan kalau tulisanmu mendapatkan seribu kunjunangan dan memiliki banyak tulisan yang tayang, kamu akan dapatkan jutaan. Penghasilan menulis di Rancah.com bisa juga lho di cek di dashbor akun kita yang terdaftar.

4. Islami.co

Ada islami.co media online yang membayar tulisan penulis sekaligus dapat pahala dengan berbagi konten yang islami. Untuk mengirim tulisan ke islami.co, tuliskan kamu harus sesuai dengan tema yang diusung media online islami.co, yaitu konten seputar islam dan sesuaikan dengan rubrik-rubrik atau kategori-kategori yang ada di media tersebut.

Karyamu akan direview oleh redaksi, jika berhasil ditayangkan akan mendapatkan bayaran, ttransfer honor akan dilakukan selambat-lambatnya dua hingga tiga minggu setelah tulisan dimuat.

5. Mojok.co

Mojok.co menerima dan membayar beberapa tulisan yaitu, esai, liputan,konter, malam jumat, otomojok dan rerasan. Punya tulisan 600-1000 kata yang berkualitas sesuai salah satu atau beberapa dari kategori tersebut? Kamu bisa mengirim langsung ke email redaksi@mojok.co.

Bagi penulis baru cantumkan nomor rekeningmu di badan email saat mengirim naskah. Mojok.co akan segera mengeluarkan fee buat kamu. Menurut beberapa sumber, bayaran menulis di mojok.co sekitar 350k per tulisan.

6. Basabasi.co

Media online yang membayar tulisan penulis berikutnya ialah basabasi.co. Kamu bisa mengirim tulisan berupa esai, puisi, resensi buku, cerpen dan artikel ringan ke basabasi.co.  tulisan dikirimkan ke email gerobaknaskah@basabasi.co dengan subjek sesuai kategori naskah.

Sertakan beberapa data diri dan rekening di badan email. Jika hasil karyamu berhasil diterbitkan kamu akan dibayar pertulisan 300k untuk cerpen, 200k untuk puisi, 200k untuk artikel ringan, 300k untuk esai dan 200k untuk resensi buku.

7. Remotivi.or.id

Media yang mengutamakan fungsi kajian dan literasi ini menerima tiga jenis tulisan, antara lain bangku belakang berkisar 400-600 kata. Amatan berkisar 800-1500 kata, Di Balik Layar 800-1200 kata. Untuk detail lengkapnya kamu bisa melihat di situs Remotivi.or.id ya.

Remotivi adalah media online yang membayar tulisan-tulisan yang segar dan relevan dan sesuai isu terkini sesuai dengan kriteria mediatersebut, kamu akan dibayar mahal sampai Rp. 1.500.000 per tulisannya. Jika kamu punya isu terkait jurnalisme langsung cek syarat dan ketentuannya langsung saja berkunjung ke Remotivi.or.id.

8. Voxpov.id

Voxpov.id menerima tulisan serius dengan gaya ngepop dan tidak terlalu satire. Jika tulisanmu punya kriteria seperti ini tidak ada salahnya loh coba kirimkan ke media online yang satu ini. Melansir dari berbagai sumber penulis dibayar 250k per naskah setiap tulisan yang berhasil tayang.

9. Buruan.co

Media online yang membayar tulisan penulis yang satu ini menerima tulisan berupa puisi dan cerpen. Karya puisi dikirim ke email puisi@buruan.co dan cerpen ke email cerpen@buruan.co . Tak hanya tulisan berbahasa Indonesia, di buruan.co juga menerima sajak sunda. Melansir dari laman.co setiap karya penulis yang dipublikasikan akan mendapatkan honor.

10. Jawa Pos

Jawa pos menerima tulisan berupa cerpen dan artikel budaya, opini dan kartun. Untuk honorarium penulis biasanya tergantung pada kebijakan redaktur masing-masing.  Untuk cerpen Rp. 925.000, puisi Rp. 725.000 akan ditransfer 1 hingga 2 minggu sejak dimuat.

11. Ideide.id

Ideide juga salah satu media online yang membayar tulisan penulis dengan kategori tulisan seperti puisi, cerpen, resensi buku dan review film. Kirim tulisan ke email: redaksiideide@gmail.com dengan subjek sesuai kategori tulisanmu. Tulisan yang berhasil terbit akan dibayar 50 ribu per tulisan.

12. Simalaba.net

Melansir dari laman simalaba.net, sampai tulisan ini diturunkan simalaba hanya memberi honor kepada penulis yang mengirim puisi. Kirim karya ke email: majalahsimalaba@gmail.com.

13. DDTC News

Tidak main-main, ada banner besar di laman DDTC News yang berisi ajakan untuk mengirim tulisan opini. Jika tulisanmu lolosa di sini, kamu akan memperoleh uang senilai satu juta rupiah. Media online yang membayar tulisan dengan bayaran yang menggiurkan.

14. Inwepo.co

Untuk kamu para blogger atau penulis yang senang berbagi tutorial seputar teknologi, Inwepo akan memberikan imbalan sebesar 60 ribu per tulisan yang ditayangkan di Inwepo. Jika ada pertanyaan silakan ke email support@inwepo.co,

15. Alif.id

Kirim tulisan seputar keislaman ke alif.id . jika sesuai tulisanmu sesuai kriteria redaktur alif.id, maka kamu berhak mendapat honor dari media online yang satu ini. Mirip-mirip dengan islami di atas, alif.id juga media online yang membayar tulisan kontibutornya.

16. Satupena.id

Satupena.id menerima tulisan berupa cerpen, puisi, komik, esai dan resensi. Jika berhasil terbit kamu akan mendapatkan fee sebesar 100 ribu rupiah.

17. Takaitu

Kirim tulisan ke takaitu cenderung mudah dan tidak sulit untuk lolos kurasi. Tulisan ringan pun bisa masuk. Meskipun begitu, tulisanmu yang lolos akan dapat honorarium.

Demikian informasi mengenai beberapa media online yang membayar tulisan penulis. Barangkali masih banyak rekomenasi lainnya yang luput dari perhatian penulis. 

Menulis lalu mendapatkan upah merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi para penulis. Namun, tak hanya itu saja, dengan menulis dan membagikan tulisan, maka kita sudah bisa membagi informasi bahkan menginspirasi dengan orang lain.

Buat kamu yang suka nulis dan punya tulisan untuk diterbitkan silakan kirim tulisanmu ke media-media di atas. Namun tidak disarankan mengirimkan satu tulisan ke beberapa media dalam suatu waktu. Bijaklah, cek syarat dan ketentuan pada situs media online yang inin kamu kirimi tulisan.

Biasanya media online yang membayar tulisan penulis ini memperioritaskan tulisan yang mengikuti syarat dan ketentuan, kualitas karya, dan orisinilitas. Selamat menulis.

5 comments for "17 Media Online yang Membayar Tulisan Penulis"